Sabtu, 29 Agustus 2009

Umur Ideal Sunat

Umur Sunat - Oleh Tabib Muda.


Melihat disekeliling lingkungan kita, yaitu Jawa, maka anak di sunat rata-rata umur 11-13 tahun. Itu adalah hal yang umum. Tetapi waktu kecil saya pergi ke kakek dari bapak yang di lingkungan pondok, saudara saya ada yang disunat sejak bayi, kira-kira 8 hari sesudah lahir. Sebagai anak kecil saya kaget wah....hebat ya dia. Saudara jauh saya ini meskipun umur 6 tahun dia jago berenang, kalau sudah ada di kolam atau kumbangan di belakang rumah, dia seperti kecebong "anak katak" sangat lincah waktu di air. Padahal saya kalau belajar berenang..beberapa meter ke depan badan saya tenggelam terus....ahhhhh...capek dan sulit. Dan waktu sekolah MTsN, dia rangking 2 peraih danem tertinggi tingkat Jatim.
Ada juga kisah Nabi Ibrohim yang menurut cerita Sunat pada sa'at usia tua. Hal itu adalah awal kewajiban perintah sunat pada setiap muslim. Kisah tetang sunat yang lain adalah Kisah Sunat Nabi Isa, yang mana beliau di sunat 8 hari setelah dilahirkan. Hal ini diwarisi oleh umat muslim yang pernah disinggahi Nabi Isa sewaktu berda'wah dari negeri Palestina ke hingga ke negeri India. Diantaranya adalah negara Pakistan, Afganistan, Iran dan negara sekitarnya.
Cerita lucu yang umum adalah ketika anak menginjak sekolah tingkat SMP/MTs. Maka biasanya ada teriakan olok-olok khas anak seusia itu " Ayo siapa belim sunat? ". Hahaha..memang itu terjadi di kelasku saat kelas 1 MTs, maka seketika ruangan kelas bergemuruh. Gak ada yang berani angkat tangan. Trus gimana saya bisa tau siapa yang belum sunat adalah karena bisi-bisik di antara teman-teman. Maka hasilnya ada sekitar 3 teman baruku kelas 1 yang belum sunat.
Jadi Sunat itu penting untuk menghilangkan kulit yang menutupi kepala farji tempat lengketnya sisa kotoran yang berbentuk pasta berbau kurang sedap dan lembab. Untuk usia, maka semakin dini juga semakin baik. Dan telal juga gak apa-apa, yang penting di potong.
Di amerika juga sebagian rumah sakit anak melakukan program sunat ini pada bayi-bayi yang dilahirkan. Alasan mereka adalah demi kebersihan dan kesehatan.
Ya karena saya sendiri mesara lega setelah disunat, jadi bagian kepala farji bisa kering dan gak perlu jadwal membersihkan, jadi sangat efisien. Saya gak ada perhatian lagi untuk kawatir akan kotoran yang lengket di bagian kulit farji lagi. Singkatnya waktu di kamar mandi lebih efektif.

4 komentar:

  1. Yang ada pertanyaan tentang "SUNAT" jangan lupa tinggalkan pesanya disini.
    Akan segera saya balas ^_^. Silahkan......

    BalasHapus
  2. kang , saya mau nannya , misalkan kalau di sunat saat umur 15th gmn kang ???
    Apakah Di haramkan apa tidak ????

    rasa'a di sunat seperti apa si kang ????

    Yang saya tau , kata di sunat itu sakit ya .... ???? Bener ga si????

    BalasHapus
  3. @vrman, sunat adalah kewajiban yang ajaib, banyak sekali manfa'atnya.
    Umur sunat itu mulai dari 8 hari kelahiran sampai tak terhingga, artinya kalau belum sunat padahal umur sudah 25 thn ya gak apa-apa. Yang penting sunat...!
    Zaman sekarang sunat sudah tidak sakit lagi, karena menggunakan bius. Jadi rasanya cuma seperti di jiwit atau dijewer saja. 4 hari pun udah mulai kering. OK..silahkan....

    BalasHapus
  4. Saya orang chinese dan belum disunat, umur saya 13 thn, tapi keluarga saya tidak ada yg sunat, tapi saya mau sunat, di mana sih tempat sunatan? Saya tidak tau...

    BalasHapus