Rabu, 09 September 2009

Sakit Telinga

Sakit telinga- Oleh Tabib Muda.
(Ini adalah hasil jawaban saya ke beberapa orang yang saya kirimkan lewat email tentang pertanyaan "sakit telinga, telinga berair, telinga bernanah dan telinga kurang mendengar").
Penyakit keluarnya nanah dari telinga sering di jumpai pada usia anak.
Ada yang usia 1 tahun dan lebih. Sakit telinga ini jika tidak di adakan
penyembuhan total maka akan menjadi penyakit kambuhan dan
tahunan ( ada yang mengalaminya selama 10 thn). Artinya penderita
akan mengalaminya bertahun tahun. Jadi ada kalanya nanah berhenti
keluar dan adakalanya nanah keluar. Keluarnya nanah biasanya muncul jika penderita mengalami kurang enak badan, misal flu, batuk atau panas. Ini di karenakan jaringan
sekitar gendang telinga suhunya naik akibat panasnya badan/kepala
sehingga timbul iritasi/borok lalu muncullah nanah.
Obat tetes telinga kurang dapat membantu karena cairan ini tidak dapat menyentuh
seluruh bagian yg iritasi/luka di lubang telinga. Dan obat ini pula hanya
sebagai sterilisasi kuman dan bakteri, tanpa bisa membantu
menyembukan iritasi/luka di dalam telinga. Jadi kesimpulanya penyakit
telinga ini merupakan penyakit dalam jaringan tubuh yang di sebabkan
lemahnya jaringan organ dalam telinga.

Langkah yang harus dilakukan :
1. Obati dulu keluhan yang lain, dalam hal ini sakit perutnya.
Obat sakit perut hanya 1, yaitu buah korma. Makan setiap pagi 3 biji
korma, bisa dilakukan setiap hari. InsyaAllah setelah 1 bulan anda
tidak kenal sakit perut lagi. ( penderita ini juga punya keluahan lain, yaitu sakit perut atau maag)
2. Minum madu. Sampai saat ini belum ada bakteri/kuman yg berhasil
menembus madu. Ambil 2 atau 3 sendok madu di encerkan dengan
air, biar tidak terlalu manis. Cara minumnya 3 hari berturut-turut,
kemudian berhenti selama 3 hari pula. Dan minum lagi 3 hari berturut-
turut. ( ini membantu menguatkan jaringan organ telinga dari
iritasi/borok ).
3. Karena anda muslim, suruh dia sholat yang rutin. Keajaiban sholat
untuk penderita penyakit telinga adalah karena ada gerakan sujudnya.

Gerakan sujud menimbulkan tekanan aliran darah dan gravitasi yang
sangat besar. Jadi akan ada tekanan darah yang menuju bagian dalam
telinga. Jika tekanan darah ke telinga ini sering di ulang-ulang maka
akan menjadikan jaringan organ kulit dalam telinga menjadi kuat, dan
tidak gampang mengalami iritasi/luka/borok.
Jika hal diatas dilakukan Insyaallah dalam 2 bulan sakit telinga akan sembuh.

Semoga membantu
wassalam

142 komentar:

  1. Bahasan sekitar "sakit telinga, telinga berair, telinga bernanah dan telinga kurang mendengar" atau pertanyaan silahkan di tulis di kolom komentar, silahkan....!

    BalasHapus
  2. Naaa... kebetulan neh, saya mo tanya yaa.., kalo telinga sering gatal2 itu obatnya apa yaa. Sdh k dokter tapi masih tetap aja gatal2. Trims yaa atas infonya

    BalasHapus
  3. @harto, kedua telinga atau sebelah, dan yang gatal itu bagian daun atau lubang telinganya. Gatal ini adalah akibat dari jaringan kulit yang lemah, jadi mudah bereaksi dan iritasi ringan yang membuat kita pengen menggaruknya. Hal yang harus dilakukan :
    1. Hindari makan, telor horn, ayam potong ( makanan ini banyak hormon pertumbuhanya ) dan membuat jaringan kulit mudah rusak.
    2. Karena jenis penyakit gatal ini adalah sumbernya dari dalam tubuh, maka minum Madu dengan rutin setiap pagi ( campur dengan air ) ini akan sangat membantu.
    3. Olah raga yang mengeluarkan keringat, biar sel-sel kulit menjadi segar.
    semoga membantu...^_^.

    BalasHapus
  4. UMUR AKU SEKARANG 19 TAHUN,TELINGA SAYA KURANG PENDEGARAN..SEWAKTU MASIH BERUMUR 15-16 TAHUN.KARENA KEMASUKAN AIR,WAKTU KEMASUKAN AIR UMUR SAYA 11 TAHUN,TAPI WAKTU ITU AKU PIKIR GAK AP2 PAK BERLANGSUNG SAMPAI 15-16 TAHUN.AKU NYESAL BANGT......KETIKA BERUMUR 17 TAHUN SAYA BARU KERUMAH SAKIT..TAPI HASINYA..MASIH TETEP GITU ....KTA DOKTERNY INFEKSI TELINGA..22 NYA KEMASUKAN AIR PAK.KATANYA JUGA GENDANG TELINGA SAYA BOLONG..LAGIAN JUGA GAK TERLALU PARAH KOK,TU PENILAIN AKU..SAYA UDAH BEBERAPA KALI KERUMAH SAKIT TAPI HASINYA.. PAK TOLONG MEMBERIKAN AKU PETUNJUK GIMANA SUPAYA AKU BISA SEMBUH,AD LAGI TENGRKN AKU JUGA IKTN,MAKSUDNYA SESAK NAPAS GITU UD BRROBAT TETEP AJA GITU..???SEKIAN DAN TERIMA KASIH....

    BalasHapus
  5. @ anonim, gendang telingan rusak atau bolong itu tidak serta merta menghilangkat pendengaran, tetapi hanya mengurangi ketajamananya saja. Jadi syaraf pendengaran tidak hanya di gendang telinga, tetapi di hampir lapisan lubang telinga dalam. Saya masih kurang jelas tentang pertanyaan di atas. Apa telingan Anda hanya berkurang pendengaranya, atau juga berair atau mengeluarkan cairan.

    BalasHapus
  6. maaf jika kurang mrngerti ap yang aku tlis kan??iya telinga saya hanya kurang pendegran saja ,klau cairan dh gak ada lagi pak...sebenarnya ap yang tejadi dengan telinga saya .???sekarang aku merasa telinga aku 22 tersumbat gitu apa yang terjadi dan apa yang msti aku lakukan???,menrut bapak kondisi aku seperti ini kemugkinan kesembhanya berapa persen ya???sekian dan terima kasih...

    BalasHapus
  7. @anonim, kurangnya kepekaan pendengaran itu adalah bekas dari sakit telinga yang dulu Anda alami. Jadi selain akibat gendang telinga yang berlubang, terjadi pula pengerasan sel-sel kulit syaraf pendengaran. Inilah yang menyebabkan berkurangnya ketajaman pendengaran. Solusi yang bisa membantu adalah lakukan adalah terapi hisapan di telinga dan tekanan grafitasi di kepala.
    1. Hisapan lubang telinga ini bisa Anda lakukan disaat wudlu. Disaat air mengenai daun telinga waktu wudlu, masukkan jari telunjuk ke lubang telinga dan lakukan gerakan hisapan/vakum. Tetapi jangan terlalu keras. Lakukan setiap hari.
    2. Tekanan grafitasi. Lakukan gerakan sujud agak lama, dengan ini aliran darah akan deras mengalir ke daerah kepala dan organ telinga. Jika gerakan ini di ulang-ulang, maka akan membantu sel dalam organ telinga lebih peka lagi.
    3. Jangan lupa untuk melakukan bekam, yaitu bekam di bagian kepala. Bekam ini mengangkat darah-darah yang kental yang menjadi penyebab syaraf di bagian kepala/telinga kurang peka.
    Setiap kejadian pasti ada hikmahnya, jadi Anda harus tau ini adalah kehendak Tuhan. Maka dekatilah Dia.

    BalasHapus
  8. selamat pagi,maksudnya terapi hisapan itu apa ya??aku gak ngerti ya kalau emang mesti pake itu aku usaha kan de..tapi gimana caranya aku mesti dapetin terapi hisapan,dan aku mesti pergi kemana??maaf aku kurang ngeti maksud yang di atas,aku orang kalimantan....wudlu itu sholat ya maklum ya orang chines...mohon penjelasanya lebih jelas....terima kasih..

    BalasHapus
  9. @anonim, basahi jari telunjuk anda dengan air, lalu masukkan ke lubang telinga, lakukan gerakan menggaruk disitu. Maka akan ada rasa hisapan atau vakum. Ringan-ringan saja..jangan tertalu kuat. Itu maksud saya, jadi tanpa alat dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

    BalasHapus
  10. oh ya emang segampang itu kah..nanti airnya mask kedalam teling saya gmna???oh ya kalau lakukan itu bsa smbh ya terma kasih..

    BalasHapus
  11. oh ya...aku pengen tanya emang bisa sembuh ya...kalau emang bisa aku gak tau mesti ngomong apa lagi....yang aku bahagia sekali....terima kasih..

    BalasHapus
  12. oh ya malam tadi aku baru kermah sakit umum katanya telinga akubasah....tapi airnya kok gak keluar ya...selamat malam makasih...

    BalasHapus
  13. maaf tadi terlalu cepat apa yang mesti aku lakukan pak...doktrnya cuma kasih aku obat antibiotik...terima kasih

    BalasHapus
  14. selamat malam apa yang mesti aku lakukan telinga aku infeksi..dan terus lama kelamaan jarang berobat karena ekonomi berkurang...jadi telinga kanan dan kiri aku berdengging..chandra..terima kasih..

    BalasHapus
  15. @anonim, jika telinga anda merasa tersumbat dan mengalami penurunan pendengaran dan apa yang di bilang dokter bahwa gendang telinga bolong adalah benar. Jadi kalau gendang sudah bolong berarti fungsi pendengaran sudah berkurang, dan ini tidak bisa di obati dengan jenis obat-obatan. Saran saya adalah melakukan apa yg telah saya sebut di atas, yaitu gerakan hisapan pada lubang telinga dengan telunjuk yang dibasahi air. Jadi seperti orang wudlu. Untuk dada sesak adalah mungkin anda kurang aktifitas fisik, banyak jalan kaki dan lari ringan sangat baik untuk mengurangi sesak nafas.

    BalasHapus
  16. @anonim/chandra, infeksi yang Anda maksudkan tolong di jabarkan yang lebih detail karena jenis gangguan pada telinga ini sangat beragam. Kalau yang Anda maksudkan telinga bernanah tolong sebutkan berapa lama dan ada keluhan lain apa tidak. Untuk infeksi telinga bernanah sudah saya jawab di atas. Ringkasnya 1. Jika Anda muslim, lakukan gerakan sujud lebih lama ketika sholat, karena hal ini sangat baik bagi organ bagian dalam telinga. Tekanan grafitasi yang membuat aliran darah ke telinga begitu deras, inilah yang menguatkan lapisan lemah organ telinga. Dengan melakukan rutin gerakan sujud, maka dua bulan pasti ada kemajuan. 2. Bantu dengan minum Madu dan makan buah korma. Itu saja resepnya, sangat sederhana dan murah. Semoga membantu.

    BalasHapus
  17. Tabib yth: saya mau tanya neh . anak saya berumur 2thn tiba tiba telinganya keluar nanah setelah 2 hari mengalami suhu badan panas. itupun tidak terus2an panas. kadang turun terus panas lagi. pengobatan seperti apa dan obat apa yang sekiranya cepat menyembuhkan penyakit itu ?
    Terima kasih Tabib. Semoga Alloh SWT membalas amal kebaikan Tabib.
    (rafli)

    BalasHapus
  18. Ass.wr.wb pak tabib.begini pak, anak sy ( 3,5 th ) sejak umur 2,5 th telinga kiri mengeluarkan kotoran putih seperti jamur sampai ke gendang telingany. Setiap sebulan dua kali rutin ke dokter tht untuk dibersihkan & diberi obat alergi. setelah 6bl tdk ada kemajuan, obat tidak sy berikan ke anak & hanya rutin dibersihkan hingga kini.telinga kanan tidak ada masalah. Gmn ya caranya untuk mengobati telinga anak sy?dan kira2 apa penyebabnya?trm kasih,wass.wr.wb

    BalasHapus
  19. @sang, sebab utama " telinga anak balita keluar nanah " adalah dia pernah mengalami panas tinggi. Sakit panas tinggi ini memacu suhu yang tinggi pula dalam organ telinga dan juga tekanan udara akibat panas itu sehingga merusak organ telinga, terutama bolong/jebol nya gendang telinga. Maka setelah kulit gendang telinga jebol sering terjadi peradangan, infeksi atau borok. Ini berlanjut hingga keluarnya air nanah dari telinga. Sakit telinga ini bisa timbul sewaktu-waktu, biasanya ketika bayi panas, maka disusul keluarnya nanah berbau ini. Setelah sembuh dari panas, maka beberapa hari kemuadian nanah akan mampet sendiri. Jika obat tetes, anti biotik, suntik sudah tidak mempan, maka obat alami ini bisa digunakan.
    1. Minum madu ( campur air biar tidak terlalu manis ) rutin sebelum makan apa-apa setiap pagi. Madu berguna sebagai anti kuman.
    2. Makan buah kurma, jus/blender/lembutkan 1 buah korma dan berikan sebelum sarapan. Ini berfungsi memperkuat jaringan kulit.
    3. Zaitun, beli minyak zaitun yang, minumkan 1 sendok. jika tidak selera bisa ditambah manisan/gula aren.
    4. Jinten Hitam/habbatussauda, ini biji rumput yang berbau harum, berkasian obat bagi berbagai penyakit.

    @adhe, wassalam. kotoran putih seperti jamur yang saudara maksudkan cair atau tidak ? saya kurang jelas. Tapi resep diatas bisa ditrapkan juga. Madu adalah anti biotik ajaib, sampai sekarang belum ada kuman yang berhasil menembus madu. Hindari konsumsi obat alergi kimia pada anak, sebab akan melemahkan kekebalan tubuhnya nantinya.

    jika kurang lekap anda bisa bertanya lagi.

    BalasHapus
  20. aku dulu pernah sakit ginian, tapi sekarang udah gak kambuh lagi

    BalasHapus
  21. ass,,,umur aku 20 thn, pada teling ak ada suara berdenging yang sebelah kanan sehingga pendengaran aku berkurang,,,gimana tuh solusinya?

    BalasHapus
  22. tidak cukup "telinga berdenging" saja yang mengakibatkan kurangnya pendengaran, mungkin dulu pernah terjadi ganguan di telinga anda, misal infeksi akibat proses perbersihan. Trus apakah gendang telinga anda normal, karena jika gendang telinga rusak/bolong itu menyebabkan kurangnya pendengaran.

    BalasHapus
  23. ass pa, saya minta tolong banget. saat ini telinga kiri saya sedang sakit sekali, sampai2 ke kepala pusing, rahang, leher dan mata kiri juga sakit. kalo makan susah buka mulutnya dan ngunyah. kalo tidur serba salah ga enak malah tadi malam ga bisa tidur karena telinga sakit sekali. ini baru pertama terjadi gara2 skitar 2 minggu yg lalu telinga kemasukan air saat keramas, tapi saya diamkan berharap sembuh sendiri. trus 2 hari lalu saat keramas kemasukan air lagi, trus saya dikasi tau temen katanya dibalas aja dg cara dimasukan air lagi trus keluarkan jadi air yg di dalam ikut keluar, eh ternyata malah jadi sakit banget gini. apa yg harus saya lakukan ya pa ? makasih banget sebelumnya.zahra_dn@yahoo.com

    BalasHapus
  24. @Zahra, saran teman anda memang benar, jadi kalau "telinga kemasukan air" maka umumnya memang dipancing dengan memasukkan sedikit air kedalam telinga, lalu dengan gerakan cepat membuang air dalam telinga tersebut. Tapi ini harus hati-hati, kalau orang sudah biasa ini mudah kok. tapi kalau belum pernah mungkin sedikit kesulitan.
    masalah (sakit telinga gara gara kemasukan air) itu adalah bentuk reaksi organ telinga akibat air tersebut. Memang sakit sekali, tetapi jika sampai menjalar ke rahang dan leher ini berarti tanda tubuh anda gak fit/sehat.
    saran :
    1. Jika tidur posisikan telinga yg sakit di bawah.
    2. Buat hati kamu senang, misal makan makanan favoritmu, biar badan segar.
    3. Jika terasa ada air di dalam telinga, bersihkan dengan kapas yang lembut, jangan gunakan cotton buds karena terlalu keras kapasnya dan kurang cepat meresap air.
    3. Biasanya 4 hari lagi akan sembuh sendiri.

    BalasHapus
  25. askum pak tabib, beberapa hr yang lalu sy periksa ke dokter tht. keluhan saya telinga kiri sakit dan kurang mendengar, sering berair dan banyak lendir, lalu dibersihkan ternyata ada kapas yg nyumbat. di kasih obat ambroxol, flamar, dan fivlox. Sampai di rumah malam harinya ada cairan nanah yg kluar. minta tolong obat apa yg cocok.

    BalasHapus
  26. @Anonim, "sakit telinga bernanah" tidak bisa di obati dengan "obat tetes telinga" karena banyak orang yg sudah memakai tetes telinga maupun pil tetap gak berhasil. Saran saya:
    1. Memijat daun telinga dengan rutin, kalau anda muslim, maka waktu wudlu membasuh bagian telinga lakukan dengan sempurna, mengusap dengan sedikit tekanan sehingga daun telinga terasa hangat.
    2. Gerakan Sujud. Jika anda sholat, tolong perlama gerakan sujudnya, sujud adalah gerakan terbaik untuk menguatkan organ dalam telinga agar tidak iritasi/borok lagi.
    3. Minum Madu rutin sebagai antibiotik, dan buah korma sebagai penguat sel-sel kulit organ telinga.
    sekian, semoga 2 bulan lagi bisa sembuh.

    BalasHapus
  27. Ass..saya aji,gndng telinga saya udah jbol and sring skali infeki dan mampt..kta dr dismpt aj pake air hangat emang efktif sih tpi jangka waktu 2.3 hari kmbuh lagi...ap bnr sarn dr tsbt dan bgi mana cara pngobanya.

    BalasHapus
  28. @Aji, wa'alaikum salam, yang anda maksudkan sering "telinga sering infeksi" itu seperti apa?? apa mengeluarkan air/nanah sehingga buntu..? dan di semprot air hangat ke lubang telinga maksudnya..? Pertanyaan diharapkan lebih detail.

    BalasHapus
  29. Jdi gni pak,gndng teuinga saya udah jbol alias bolong jdi kayana didlmnya itu luka and boprok,saya udah brali2 k tht kta drnya klu mo diobti obt tts mesti dibrsihkn dulu itu kaya japh2nya yg ad didalm oleh H2O2 atu pake air anget dismptrin k dlm teulinga,emang sih efektif 2.3 hrimh teuinga nyaman tpi ksnanya ttp kmbh lagi dan lagi...yg saya tnyakn ap bnar kta dr tht tsb and bginana cara nengobtinya supaya saya bisa smbuh dan g kmbuh2 lagi..mkasi.

    BalasHapus
  30. Allham...skrng saya udah baikn slama 6 hri mengikti saran tbib,skrng tnggal masi ad kaya kmsukn air dan aga ada brdngung apa yg hrus lakukn.? Trima ksi

    BalasHapus
  31. @Aji, kalau sudah hampir sembuh total..tunjang dengan olahraga agar keluat keringat dan organ kulit dalam telinga ikut kuat, sehingga tidak terjadi iritasi/luka/borok lagi. Prinsipnya adalah kelemahan penderita "penaykit telinga bernanah/keluar cairan" ini adalah disaat kondisi mereka drop/sakit/panas...maka sakit telinga akan kambuh lagi.

    BalasHapus
  32. Saya ucpkn bnyak trima ksi atas saranya mdah2 pnyakit saya oleh allah swt cpt2 dismbhkn dan tbib diksi kshatan..amin.

    BalasHapus
  33. Dan satu lagi tbib apa ada pntrng makan2nya atu ga boleh dikrk2 teulinganya

    BalasHapus
  34. assalamualaikum tabib,.
    telinga kanan sy berdenging dan kurang pendengaran udah berminggu-minggu, gara2nya kemasukan air trus saya korek2 pake cotton bud, tapi kalo saya pijit dibagian tengah antara pipi (rahang) dan telinga pendengarannya jadi lancar,.
    ada obat medisnya ga di apotek?..ato cara tradisional juga gpp..terimakasih
    wass

    BalasHapus
  35. tolong dong, . telinga kiri saya sakid banget, g tw ap sebabnya, . Rasanya tuh nyeriii n sakid bgt, gmna atasinnya ? Makasih sblmnya

    BalasHapus
  36. @Ijaouww, "telinga berdenging dan kurang pendengaran" akibat kemasukan air itu terjadi apabila lubang dalam telinga banyak kotoran. Jika basah, maka kotoran dalam telinga akan mengembang sehingga menutupi sel-sel pendengaran. Kalau disertai bengkak bagian dalam telinga maka pendengaran kita akan berkurang. Maka hal ini adalah wajar, biasanya kalau lubang dalam telinga sudah mengering dan bengkak sudah tak sakit lagi maka akan sembuh dan pendengaran akan normal kembali. Saran saya, jika ada gumpalan kotoran di telinga, saran saya ambil pakai cukil atau pengorek telinga. Kalau pakai cotton bud, kotoran malah terdorong kedalam, jadi buntu deh telinga...!

    BalasHapus
  37. @anonim, jika telinga terasa sakit banget secara tiba-tiba, biasanya ini karena anda beberapa hari sebelumnya bermalas-malasan. Misal main komputer sambil tiduran/rebahan, ini membuat kelenjar di dalam telinga bisa mendadak bengkak dan sakit sekali. Tapi biasanya rasa sakit ini sembuh sendiri 4 hari kemudian. Yang mana kelenjar yg bengkak sudah normal...jadi gak perlu gelisah.

    BalasHapus
  38. ass,wr..wb.....telinga saya bernanah pa,saya tdk tau asalnya,sewaktu bangun tidur..telinga saya sakit,dan siangnya mengeluarkan cairan..periksa di dokter tht ktanya telingaku bolong..sampai sekarang,cairan/nanah di telinga masih keluar,terutama pada siang hari..obatnya apa ya?thankss

    BalasHapus
  39. asalamualaikum..Wr...Wb..pak saya mau tnya..telinga saya sring keluar cairan nanah...tp tidak sakit...sudh kdokter jg sma saj...ap obat yg bs menyembuhkn pnyakit in pak..tolong dibantu ...terima kasih

    BalasHapus
  40. @ Kevin dan Dwi.
    Telinga bernanah bisa menjadi penyakit tahunan. Solusi :
    1. Banyak bersujud/memperlama sujud, gerakan ini sangat baik untuk menguatkan organ telinga, sehingga jaringan organ kuat dan tidak mudah iritasi/borokan
    2. Minum Madu dan Minyak Zaitun(beli yg botol kecil 10 rb an)
    3. Korma, juga baik untuk memperkuat jaringan kulit dalam telinga.

    BalasHapus
  41. Assalamuualaikum,
    Akhir2 ini telinga saya mengeluarkan nanah,saya sudah coba untuk minum madu setiap hari,dan mencoba vakum telinga pada saat wudhu seperti yg Bapak ajarkan,yang saya ingin tanyakan minyak zaitun dan habbatussauda yang Bapak maksud itu apa,kalau memungkinkan ada gambar kemasan serta harga produk,dan dimana produk tersebut dijual di daerah bekasi barat? Apakah benar pak kalau telinga bernanah itu tidak akan pernah sembuh. Terima kasih atas perhatiannya. Salam,Mei

    BalasHapus
  42. @anonim, wa'alaikum salam.
    Mengobati telinga bernanah/borok telinga membutuhkan waktu, tidak seperti borok di bagian luar. Penyakit ini bisa di sembuhkan meski pada penderita yang tahunan. Poin yg saya tekankan juga adalah perlama waktu sujud. Gerakan sujud ini baik untuk membuat organ telinga karena tekanan grafitasinya. Zaitun adalah minyak kuning berkilau dari buah zait, sedang habbatusauda = jinten hitam. Produk ini murah dan banyak dijual, biasanya di toko penjual peralatan muslim / toko orang arab.
    Untuk minum madu, bukan setiap hari, tetapi 3 hari minum, 3 hari tidak.
    Kalau ingin sehat coba "bekam" karena bisa menyembuhkan 72 penyakit.
    Wassalam

    BalasHapus
  43. ade sutrisno18 Mei 2010 01.10

    assalamualikum saya sakit telinga ,,keluar cairan,berdenging,agak sedikit budeg,,,,dan kalo panas dalam kumat pasti telinga ikut2tan mohon minta antuannya

    BalasHapus
  44. KENAPA PADA SIANG HARI TELINGA SAYA MENGELUARKAN CAIRAN?SOLUSINYA APA?THANKS

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum, pak disini saya baca untuk mengobati telinga berair adalah habbatussauda dan minyak zaitun. Pada saat saya akan membeli produk tersebut,ternyata banyak sekali macamnya,seperti misalnya minyak zaitun,ada yang kapsul dan non kapsul,dari kegunannya banyak sekali,yang mana untuk penyakit ini. Terima kasih.

    BalasHapus
  46. Assalamualaikum wr.wr
    pak tabib,saya sudah mengalamami sakit telinga selama 5 bulan, dan saya sudh periksa ke dokter THt, sdh 4 dokter THT yang saya kunjungi,telinga saya awalnya sakit sekali, hasilnya diagnosa telinga saya kena infeksi, stlh dikasih obat sakit berkurang, sebulan kemudian sakit lagi, sy kedok yang berbeda diagnosanya berjamur dan telinga saya bolong, sy terus berobat sampai dinyatakan sembuh, seminggu kemudian sakit lagi dan ada suara2 seperti suara mesin ( berisik, bukan dengung atau denging), sy kedokter lain lagi, dan terus berobat sampai akhirnya dokter tsb merujuk saya ke RS THT proklamasi karena suara yang say dengar tidak hilang, dokter yg sekarang menyaran kan saya utk operasi, tapi sy msh ragu,,sy takut, dan biayanya juga mahal
    Yang saya mau tanyakan,,apakah bisa diobati bolongnya (ketutup) lagi tanpa operasi, trus suara2 yang saya dengar ini bisa hilang gak,,,dan pendengaran saya bisa normal lagi gak???

    Cara pengobatannya gimana dan apa saja,,sy harapkan bantuan dari bapak,,penyakit ini sgt mengganggu sekali dan tidak nyaman bgt pak, tolong saya ya pak,,
    Kalau bekam, sebaiknya disebelah mananya pak, didekat telinga apa dimana???, telinga saya yang sakit sebelah kiri

    Saya sangat mennggu balasan dari Bapak
    Wassalamualaikum wr.wr

    BalasHapus
  47. @wulan, wa'alaikum salam, untuk pengobatan sakit telinga ini jika diringkas:
    1. perlama gerakan sujud waktu sholat.
    2. ketika wudlu, masukkan ujung jari dan lakukan gerakan hisapan pada lubang telinga.
    3. dalam 1 minggu harus minum madu, paling tidak 2x
    4. makan buah korma 3 biji setiap pagi untuk menguatkan kulit dlm telinga
    5. jintan hitam setiap minggu 3x. bisa kapsul bisa bubuk.
    6. minyak zaitun 1 minggu paling tidak 2x satu sendok.
    7. bekam di kepala, ini adalah penyembuh 70 macam penyakit.

    @sisi, wa'alaikum salam.
    1. suara berisik yang anda dengar itu berasal dari kulit iritasi yang menyusut dan mengering, sehingga ada bunyi seperti gesekan, suara ini akan hilang jika kulit dalam telinga yang iritasi itu sembuh total. Suara ini kadang ada kadang tidak...sebagaimana proses pengeringan luka/borok itu sendiri.
    2. gendang telinga jebol tidak masalah, karena cuma mengurangi pendengaran saja, sekitar 20%. operasi jangan anda lakukan dulu. karena gangguanya belom besar. Karena bisa saja 1 minggu lagi suara itu hilang.
    3. Bekam di bagian kepala, jangan lupa tips yang 6 poin di atas juga dilakukan.

    BalasHapus
  48. Assalammulaikum,,
    pak tabib,sy ingin bertanya..apakah akar pinang muda yg dtumbuk trus dperas airnya trus dteteskan ketelinga jg bs menyembuhkan penyakit telinga bernanah?
    Mhon dberi penjelasan pak tbib sedetil mungkin..terima kasih,wassalam..

    BalasHapus
  49. @anonim, wa'alaikum salam, terima kasih.
    Saya belum pernah mencoba sesuatu obat/tanamanan yang tidak ada referensinya dalam Islam. Saya lebih suka memakai obat/tanaman yang ada dasar perintahnya dalam Islam, baik yang di perintah Nabi atau Al Qur'an. Karena kebenaranya mutlak. Misalal menggunakan madu, itu ada referensinya dalam Al Quran. Dan ilmu pengetahuan pun telah membuktikan keajaibab madu untuk kulit, membunuh kuman, sebagai pengawet dll.
    Terimana kasih.

    BalasHapus
  50. Assalamu alaikum Wr WB
    Saya penderita telinga cukup lama...sering kali kumat-kumatan (kambuh.ketika kambuh mengeluarkan cairan kental & terkadang berbau,keluarnya terus menerus, dan saya sudah sering ke dokter THT tidak terhitung lagi, dan biaya yang aku keluarkan juga tidak sedikit,oh ya kata dokter telinga saya bolong terutama telinga kanan saya,sampai saya agak kurang percaya diri. mungkin antum bisa bantu ana,cara pengobatannya??
    pertanyaan kedua? bekam di bagian kepala, berarti harus di gundul dan apakah sakit??
    Jazakumullah Khoiron Katsiroh.
    Wassalamu alaikum Wr Wb

    BalasHapus
  51. ketika wudlu, masukkan ujung jari dan lakukan gerakan hisapan pada lubang telinga bisa dijelaskan secara details dan minyak zaitun 1 minggu paling tidak 2x satu sendok diminum apa diolesi telinganya dengan minyak zaitun?? mohon dijawab. Jazakumullah khoiron katsiroh

    BalasHapus
  52. @Hamba Allah, wa'alaikum salam.
    Pengobatan sudah saya tulis di atas. 7 poin itu.
    1. Bekam bagian atas kepala, bisa di kerok saja rambut bagian yang di bekam. Setelah 5 harian kan rambut sudah tumbuh lagi.
    2. Bekam tidak sakit, karena ada proses kop terlebih dahulu. Dulu sahabat Nabi disuruh perang bawa pedang, kita sekarang cuma disuruh bekam pakai jarum/ujung silet saja.
    3. Ketika wudhu kan jari tangan basah, masukkan ke lubang telinga dan tarik dengan agak cepat, akan terasa ada vakum. ini sebagai penguat jaringan kulit dalam telinga.
    4. zaitun di minum.

    BalasHapus
  53. Assalamualaikum
    terimakasih byk atas jawabannya pak

    Saya minum madu yang ada kandungan habatussaudah dan minyak zaitun, apakah masih harus juga minum minyak zaitun setiap 1mgg 2x
    (sesuai dengan 6 poin yang bapak tulis dijawaban untuk saya)

    Thanks
    wassalam
    Sisi

    BalasHapus
  54. @Sisi, wa'alaikum salam.
    Diriwayatkan bahwa selama hidup Nabi tidak pernah makan lebih dari 2 lauk.
    Subhanallah, sungguh sangat sederhana, Nabi adalah manusia paling sehat, baik jasmaninya maupun temperamennya.
    Jadi alangkah baiknya membeli masing-masing saja, beli madu, beli jinten hitam/habbat dan beli minyak zaitun.
    Jadi mungkin pagi kita minum madu, siang kita minum jinten atau besoknya. Intinya biar salah satu tercerna terlebih dahulu.

    BalasHapus
  55. telinga saya bolong dan mengeluarkan cairan kuning..mengapa cairan itu hanya keluar pada siang hari?apa ada obatnya?terimakasih..

    BalasHapus
  56. jawab dong pa..

    BalasHapus
  57. @erick,
    # umur anda berapa, sudah berapa lama anda mengalami keluarnya cairan itu?
    # kebanyakan keluarnya cairan telinga tidak hanya pada siang hari saja, tetapi malam hari ketika tidurpun bisa keluar, tetapi lebih sedikit. Kenapa cairan lebih banyak keluar pada siang, karena pada saat siang suhu bagian kepala naik, ini yang memicu borok/luka/iritasi mengeluarkan cairan itu.
    # obatnya sudah saya post di atas, 7 poin
    1. perlama gerakan sujud waktu sholat.
    2. ketika wudlu, masukkan ujung jari dan lakukan gerakan hisapan pada lubang telinga.
    3. dalam 1 minggu harus minum madu, paling tidak 2x
    4. makan buah korma 3 biji setiap pagi untuk menguatkan kulit dlm telinga
    5. jintan hitam setiap minggu 3x. bisa kapsul bisa bubuk.
    6. minyak zaitun 1 minggu paling tidak 2x satu sendok.
    7. bekam di kepala, ini adalah penyembuh 70 macam penyakit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pak anak saya bbrapa hari ini telinga ya mngeluarkn cairn brwarna merah dan hijau...sudah d bawa k dokter tetapi belm smbuh...gimana solusi ya ya pak,mohon d jawab...??

      Hapus
  58. pa habib saya ni berumur 20 tahun, saya punya penyakit telinga bernanah dan bau sekali,dan sering telinga ini pendengarannya kurang alias budeg, saya selalu minder klo lagi sekolah/beljar diruangan. telinga ini tidak bisa berfungsi secara normal untuk mendengarkan guru sedang menerangkan.. penyakit ini sudah lama pa, sejak saya SD sampai sekarang menjelang kuliah.. pa habib tolong saya untuk bisa menyembuhkan penyakit ini...minta tolong untuk menjawabnya secara rinci dan jelas...

    BalasHapus
  59. terimakasih..umur saya 16..saya mengalaminya pada umur 13 tahun pak..awalnya sehabis bangun tidur,telinga saya sakit..dan mengeluarkan cairan..

    BalasHapus
  60. slm...

    malamnya saya bersihkan telinga pake cotton buds, paginya telinga amy lansung sakit...

    apa kemasukan sesuatu, atau gara2 terlalu sering dan keras bersihkan telinga????


    sakit sekali..

    BalasHapus
  61. saya berumur 20 thn...

    BalasHapus
  62. tlg jawabannya segera...

    sangat saya butuhkan...

    BalasHapus
  63. @warno, jawabanya seperti apa yang saya tulis untuk @erick
    @amy, di atas sudah saya tulis cotton buds karena terlalu keras.
    #gerakan membersihkan lubang telinga adalah memutar, jangan mendorong, karena jika ada kotoran akan tambah masuk kedalam lubang. Jika ini terjadi telinga akan sakit sekali.
    #tapi lubang telinga ini punya keringat yang ajaib, yang mengendapkan kotoran dan menjadikanya mudah diambil. Jadi kalau anda rasa ada kotoran bentuk padat/batu di dalam telinga, gunakan cukil telinga yang dari logam untuk mengambilnya. Jangan gunakan cotton buds karena sulit dan malah bisa mendorong kotoran padat/batu itu ke dalam telinga.
    # rasa sakit sekali pada telinga akibat gesekan/ tekanan cotton buds dan kemasukan kotoran ini hanya berlangsung sekitar kerang dari 4 harian saja. Dan jika ada kotoran padatnya, maka biasanya akan bergerak keluar. Gunakan cukil/pencukil untuk mengambilnya.

    BalasHapus
  64. supaya cairan itu gak keluar pada siang hari,apa yg harus saya lakukan?soalnya saya risih..makasih

    BalasHapus
  65. anonimus aja30 Juni 2010 15.25

    Assalamualaikum
    Sebelumnya saya ke dokter karena luka,nanah,bunyi dan jamur. Sekarang tinggal nanah sangat sedikit (kiri) dan bunyi. Dering telinga kanan bunyinya stabil. kalo yang kiri bunyinya kalau ada bunyi lain (seperti bergemma 1x). Pagi2 sering pilek, bersin2. Umur 26.

    BalasHapus
  66. assalamu alaikum Wr.Wb. saya edy umur 22 thn.saat ini saya mengalami penyakit telinga bernanah. dulu sya terkena panas tinggi,setelah itu keluar nanah. apa ad obt yang bisa mengobati? karna sran dari dokter dioprasi.sudah bnyak dokter yang sy kunjungi, tapi hasilnya nihil.kata dokter gendang telinga saya sudah habis, ap ad kemungkinan untuk sembuh?? trimkasih, wassalam.

    BalasHapus
  67. Ass...
    Saya hara...
    umur saya 24 tahun, saya mengalami sakit telinga sejak kanak2, namun langsung ditangani dokter, tapi sejak umur 13 tahun penyakit tersebut malah menijdi nanah, dokter menyatakan saya terkena infeksi, namun setelah menjali pengobatan selama 1 tahun tapi tidak membuahkan hasil...

    telinga saya selalu mengeluarkan nanah apabila saya kelelahan, cuaca panas, stress atau terlalu menggunakan otak saya untuk berfikir yang sulit,

    dan biasanya apabila setelah nanah itu keluar, biasanya kepala saya berdenyut sakit terus menerus, dan itu terus belrlanjut,

    bila nanahnya keluar dan dibersihkan, maka yang keluar adalah cairan putih terus menerus, hingga keadaan saya normal kembali...

    kira2 apa yang harus saya lakukan, dan apakah ada kemungkinan untuk sembuh???

    terima kasih

    BalasHapus
  68. Mantab nih resepnya kang najib, moga bermanfaat...

    BalasHapus
  69. Ass...Habib'''Pak'Aq ( HAERUL 25 Thn.)Juga Mengalami Apa Yang Di Alami Oleh Warno'''Dan Aq Selalu Risih Dan Minder Pada Sa'at Masuk Kekantor'Apa Lagi Pada Sa'at Siang hari.,Telinga Kiri Saya Sering Mengeluarkan Cairan Nanah Dan Bau'''Aq Sering Minder Klw Aq Lagi Nyetir Mobil Dan Temen2 Pada Ikut''Apakah Tak Bermasalh jika Airnya Masuk Kedalam Telinga Waktu Aq Mengorek Telinga Pada Saat Wudhu???Terimakasih..Assalamu alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh..

    BalasHapus
  70. Ass..., sudah beberapa hari ini telinga sebelah kiri ku terasa sakit dan berdengung tapi sekitar dua hari keluar air warna putih dan tak berbau namun setelah 3 hari ini sepertinya bernanah dan sedikit ber bau dan terasa sakit dan bengkat dan terasa pedih, bagaimana mohon bantuan dan terucap terima kasih wass..?!

    BalasHapus
  71. AsSlm.saya devi 22tahun.telinga saya sering gatal dan sakit,kemudian akan keluar cairan putih..sehngga telinga saya jadi seperti tersumbat/dan mendngar agak krg jelas..dan sakit telinga ini kambuh2an.sekarang adlh yg ktiga kalinya..yg sbelumnya sembuh dg sendiri..nah untk yg saat ini rasa sakitny lebih sakit n gatal dr yg sblmnya.sampai2 mbwt sy dmam n pilek serta sakit tng9orokan.
    Bgaimana cr ngobatiny?dan sy blum pernah kdokter tht..apakah sbaiknya sy kdokter tht atw tdk perlu?trma ksh.wslm.m0hon djawab.

    BalasHapus
  72. Saya mau nanya.apakah jika telinga gatal dan sakit serta mengeluarkan cairan putih itu ciri2 pasti dari gendang telinga robek atau belum tentu??

    BalasHapus
  73. @Haerul, baca ulang 7 poin pengobatan yang saya tulis diatas, saya mengerti kondisi anda.
    @Anonim, jawaban sudah saya tulis diatas, yang 7 poin itu.
    @Devi, Iya, sakit telinga "keluar cairan nanah" ini akan kambuh jika demam tinggi. Baca ulang posting dan 7 poin pengobatan diatas.
    @Anonim, iya, cairan "bernanah" itu berasal dari bagian dalam telinga dan keluar melalui gendang telinga yang "bolong, lubang atau jebol"

    BalasHapus
  74. Teruz saya kan belum periksa ke dokter tht?apakah sebaiknya saya kdokter dulu atau langsung saja melakukan 7poin diatas?
    Devi..

    BalasHapus
  75. Masya4w..lalu apakah gendang telinga yg jebol itu bisa tertutup kembali atw tidak?

    BalasHapus
  76. Saya intan,mau nanya klw gendang telinga BOlOn9 it bAhaYa Atw TiDak tRhaDap PeNdEnGaran/dpt MnYbBkn keTuliaN?terUs ke7poiN diAtas BiSa ng0bAtiN jg gEndAng TElinGa yg BOcoR Atw TIdaK?

    BalasHapus
  77. @Devi, Tidak usah gpp, karena mungkin sama dokter cuma dikasih obat tetes antibiotik saja. Obat tetes gak ada pengaruhnya.
    @Anonim, gendang telinga tidak bisa kembali utuh.
    @intan, bolong atau berlubangnya gendang telinga hanya mengurangi pendengaran saja, tidak menyebabkab ketulian. Syaraf pendengaran bukan di gendang saja, tetapi di setiap kulit dalam lubang telinga, fungsi pendengaran tetep bisa diatas 80%

    BalasHapus
  78. Assalamu alaikum.Saya Hamba Allah umur 30...saya penderita penyakit telinga cukup lama terutama pada telinga kanan yang selalu kumat-kumatan dan terakhir2 ini sering kambuh dengan keluaran cairan agak kuning & berbau. dokter terakhir menyarankan di operasi karena telinga kanan saya bolong di pinggir sehingga sangat sulit di sembuhkan kecuali dengan operasi. saya takut sekali dengan operasi selain biaya yang mahal dan effect pasca operasi jika tidak berhasil. mungkin ini ujian buat saya yang diberikan Allah kepada saya dan manusia selalu berikhtiar dengan cara yang benar sesuai dengan sunnahnya dan tidak melanggar syari'i.
    bisa berikan solusi & pencerahan
    Jazkumullah Khoiron Katsiron
    pengobatan saya selama ini dengan obat cuci telinga dan obat tetes telinga tarivid.
    Wassalamu alaikum wr wb

    BalasHapus
  79. kok belum di jawab

    BalasHapus
  80. Ass..... saya mo taNya gmn cara bersiin telinga kar'n prnah beberapa kali kmasukan binatang a, dikawatirkan dalam waktu yg lama bisa mmmbrikan efek krg bagus pd pndngaran,,,, TRim's
    gmn Tuch solusinYa ???

    BalasHapus
  81. @Hamba Allah, jawaban sama dengan yang lain. baca 7 poin diatas.
    @Oiem, secara alami, telinga mengeluarkan cairan untuk melindungi kulit lubang telinga. Jadi kalau ada kotoran maka akan dibusukkan dan dibungkus dengan cairan tersebut. dan nanti akan pelan-pelan bergerak keluar lubang telinga. Jangan sekali-kali mengeluakan kotoran dengan cotton bud. tapi gunakan cukil kotoran yang dari stainless. dan harus hati-hati. jangan sampai kotoran malah terdorong kedalam.

    BalasHapus
  82. Assalaamu 'alaikum wr. wrb..
    anak saya 7 tahun sudah 1 bulan ini penyakit telinga nya kambuh lagi. Jadi memang sejak kecil umur 2 tahun, dia sudah menderita penyakit ini, telinga gatal, kemudian bengkak. biasanya setelah dibawa ke dokter utnuk dibersihkan dan diberi antibiotik dan puyer, dia akan sembuh lagi. Tapi sudah sebulan ini sy bolak balik ke dokter tht, dikasih antibiotik dan puyer,sdh gonta ganti obat, tapi belum sembuh2 juga. malah sudah 3 hari ini dari lubang telinganya keluar cairan bening, tidak berwarna dan tidak berbau. Saya sdh tanyakan ke dokternya apakah gendang telinga anak saya ada yang sobek, menurut dokter ga ada masalah dengan gendang telinga, karena apabila gendang telinga yang rusak maka akan keluar cairan berwarna kuning dan berbau busuk, kemungkinan ini ada infeksi di liang telinga bagian dalam yang tidk kelihatan. Saya baca saran bapak untuk mengobati infeksi telinga adalah dengan berwudhu dan sujud agak lama dalam shalat. Untuk sujud agak lama, bisa saya terapkan pada anak saya apabila dia shalat, akan tetapi bagaimana dengan memasukkan tangan ke dalam liang telinga pada saat berwudhu? hal ini bertentangan dengan anjuran dokter untuk mencegah masuknya air ke dalam telinga, makanya selama dia sakit ini, anak saya bertayammum sebelum shalat dan mengaji. Mohon infonya pak, saya sudah hampir putus asa, berobat kesana kemari tidak kunjung sembuh, sedangkan anak saya juga kasian masih kecil sudah dicekoki macam2 obat dan antibiotik. terima kasih sebelumnya..

    BalasHapus
  83. maaf pak saya lupa mencantumkan nama tadi

    BalasHapus
  84. Ass.wr wb saya dina umur 18 th.awalnya saya mengalami pusing yg sangat hebat dan sakit sekali selama bbrapa hari,tiba2 saat saya bangun dr tidur siang,kuping saya tiba2 jg sakit sekali yg sebelah kiri,hingga skrg,sakitnya tdk nahan,seperti mau pecah gendang telinga saya,saya ini menderita apa ya?danm bagaimana penyembuhannya.terima kasih
    T

    BalasHapus
  85. sakit tak tertahankan,,,,,,,,, aw,,,,,

    BalasHapus
  86. Ass.wr.wb mugi gusti dapat mengabulkan pertolonganku ini dan ini merupakan hidayah dari-Mu. dengan hormat saya Irfan memohon pertolonganya saya mengalami penyakit ini mulai dari kecil usia 4 thn sampai skrang saya usia 24 thn blum sembuh2 pnyakit ku ini. saya sudah di opersi kls 5 SD tapi gagal dan saya sudah berobat kemana2 blum brhsil pendengaranku terganggu mengeluarkan air nanah. trmakasih mohon solusi pengobatan yang paling jitu

    BalasHapus
  87. ass.r.wb....sy sdh kena penyakit ini selama 11 tahun telinga sy mengeluarkan air nanah yg bau, sy sdh kedokter tp dia menyarnkan untuk dioperasi,apa tidak ada jalan lain untuk mengobati sakit telinga ini?terima kasih

    BalasHapus
  88. Assalamu alaium Wr Wb.
    Mas/mba Tabib Muda yth, saya punya keluhan telinga sering mendeging/mendengung sudah bolak balik ke DR THT dan DR Syaraf (krn ada indikasi syaraf ujung/syaraf halus telinga terganggu). Dengingan ini kl tdk salah istilah medisnya sering disebut Tinitus, namun akhir2 ini bukan cuman dengingan yg saya rasakan tp juga dengungan seakan akan dlm rongga telinga ada selubung udara dan terasa berat dan kdng2 kl kambuh terasa pusing. Setelah melakukan test pendengaran/Audiogram kesimpulan kunjungan terakhir ke dr THT yg masalah adalah telinga bgn dalam atau tepatnya antara rumah siput dgn saraf2 ke arah otak. Dr DR sdh dikasih obat penguat Syaraf (neurotam), pelancar darah Tebokan dan anti denging dan vertigo (Merislon) namun obat sdh 2 x tebus tp blum ada perubahan yg siknifikan. Mohon tanggapan dan sarannya adakah pengobatan khusus untuk penyakit ini atau cukup dgn saran2 diatas???
    Wassalamu alaikum wr.wb

    BalasHapus
  89. Assalamualaikum
    Sebelumnya saya ke dokter karena luka,nanah,bunyi dan jamur. Sekarang tinggal nanah sangat sedikit (kiri) dan bunyi. Dering telinga kanan bunyinya stabil. kalo yang kiri bunyinya kalau ada bunyi lain (seperti bergemma 1x). Pagi2 sering pilek, bersin2. Umur 26.
    ============
    @Anonim, iya, cairan "bernanah" itu berasal dari bagian dalam telinga dan keluar melalui gendang telinga yang "bolong, lubang atau jebol"
    ============
    sebelumnya terima kasih, sangat membantu.
    kemungkinan terbesar telinga saya bolong sangat kecil didalam (akibat tekanan melalui udara/tidak sengaja memukul telinga sendiri (mukul nyamuk)), sehingga tidak dapat diobati dengan menggunakan cairan(sulit masuk ke paling dalam). Kini nanah sudah hilang/tidak keluar, namun bunyi masi ada (ngiiiinnnnggg) dan stabil. Mohon bantuannya dan dari poin2 diatas yang mana saja.
    wassalam

    BalasHapus
  90. assalamu'alaikum...
    pa/bu yth...adik saya sudah mengalami sakit telinga bagian dalam sebelah kiri kadang sampe mengeluarkan darah dan sekarang telinga kirinya tidak bisa mendenhar dan sering kambuh. apa penyebabnya?obatnya apa?mohon solusinya. terimakasih semoga Allah memberikan kesehatan lahir dan batin kepada kita semua, amin. wassalam

    BalasHapus
  91. penyakit telinga yang ga bisa di ajak kompromi.mengeluarkan air bau gatel-gatel.& kurang pendengaran atau budeg yang sudah menahun2 ga kunjung sembuh silahkan pake OBAT KAKA caranya pemakean nya teteskan ke lubang telinga supaya obat tersebut masuk ke dalam lalu di keluarkan lagi di dalam telinga sepaya basah kena obat tersebut langsung reaksinya obat kaka terasa perih.getel.aga panas nanti lumpur yang di dalam telinga akan keluar semua sendirinya.langsung telinga terasa nyaman pendengaran normal kembali 100% tidak cecet 100% karena lumpur yang d i dalam telinga sudah keluar semua dan ga bakal kumat-kumat lagi di jamin 100% & AMAN UNTUK BAYI UMUR 1 TAHUN sampe orang yang tua tidak ada efek samping nya aman total.100% ampuh+ manjur harap di perhatikan jangan sampe terkena air dan kemasukan air telinganya selama di obatin kalau udah sembuh bebas total mau apa saja telinga supaya cepat kering
    kesehatan tidak ternilai harganya
    hp: 08161688081-087881009370: sms 08978195190-pak.warkiman )-
    http://obatkulitpalingampuh.indonetwork.co.id/prod

    BalasHapus
  92. obat tetes telinga keluar air

    -UNTUK PENYEMBUHAN PENYAKIT TELINGA YANG TERINFEKSI KUMAN SUDAH MENAHUN ATAU LAMA SEKALI
    Pada waktu pertama kali pemakaian Obat akan langsung bereaksi kulit akan terasa panas seperti di tusuk2 atau
    terasa perih, ini wajar karena reaksinya seperti itu dan setelah 2 atau 3 kali pemakaian tidak akan terasa perih
    serta kulit yang terkena penyakit akan kering dan terkelupas dengan sendirinya itu menandakan sedang terjadi
    pergantian kulit baru ( lamanya tergantung penyakitnya lama atau baru & penyakit telinga mengeluarkan nanah campur darah.bau yang menyengat ga karuan hidup terasa tidak nyaman sama penyakit telinga yang ga bisa di ajak kompromi.mengeluarkan air bau gatel-gatel.& kurang pendengaran atau budeg yang sudah menahun2 ga kunjung sembuh silahkan pake OBAT KAKA caranya pemakean nya teteskan ke lubang telinga supaya obat tersebut masuk ke dalam lalu di keluarkan lagi di dalam telinga sepaya basah kena obat tersebut langsung reaksinya obat kaka terasa perih.getel.aga panas nanti lumpur yang di dalam telinga akan keluar semua sendirinya.langsung telinga terasa nyaman pendengaran normal kembali 100% tidak cecet 100% karena lumpur yang di dalam telinga sudah keluar semua dan ga bakal kumat-kumat lagi di jamin 100% & AMAN UNTUK BAYI UMUR 1 TAHUN sampe orang yang tua tidak ada efek samping nya aman total.100% ampuh+ manjur harap di perhatikan jangan sampe terkena air dan kemasukan air telinganya selama di obatin kalau udah sembuh bebas total mau apa saja telinga supaya cepat kering.! ! ! CUKUP 1 BOTOL UKURAN 130mL HARGA 250000, / BOTOL
    kesehatan tidak ternilai harganya

    BalasHapus
  93. Assalamu'alaikum.wr.wb.

    Umur saya sudah 32 tahun. Telinga saya mulai sering keluar cairan sejak tahun 2006. Tetapi cairan tersebut tidak berbau. Sejak sekitar 2 bulan lalu saya biasa minum habbatussauda. Pertama 1 hari sekali 2 butir. Sekarang 2 kali sekali dua butir karena sesuai brosur itu ada dosis untuk penyembuhan.
    Nah, jika saya tambahkan minum madu dan minyak zaitun seperti saran bapak, dosis dan aturan minumnya jadi bagaimana yaa pak? Apakah dibuat selang seling atau minum sekaligus tiap hari?
    Terima kasih jawabannya.

    Wassalamu'alaikum.wr.wb.

    BalasHapus
  94. Assalamualaikum wr. wb
    nama saya Iwan, umur saya 28 tahun, saya menderita keluar nanah pada kedua telinga dan berjalan sudah 9 tahun lamanya karena selama ini saya mengabaikan, sudah berobat ke dokter THT tapi gak rutin karena saya tidak mampu membeli obatnya yg mahal.
    Bagaimana saran dari pak tabib terhadap penyakit saya ini? apa yg harus saya lakukan dengan mudah untuk menyembuhkannya? mengingat saat ini telinga kanan saya sama sekali gak bisa berfungsi lagi untuk mendengar. apalagi kalau telinga kiri saya ditutup, maka seperti orang tulilah saya. kini saya hanya mengandalkan telingan kiri dalam beraktivitas. tetapi telinga kiri saya juga masih sering keluar cairan kuning berbau. kira2 langkah2 mudah apa sajakah untuk mengobati penyakit saya ini. terima kasih sebelum dan sesudahnya.
    wassalam wr. wb.

    BalasHapus
  95. assalamualaikum wr.wb

    pak tabib saya mau tnya kalau gendang telinga bolong gemana cara mengatasi nya,, dan apakah bisa sembuh total,kalau 7 poin diatas dilaksanakan
    telinga kanan saya kata dokter bolong, teruz pendengan telinga kanan saya berkurang,

    pak tabib jintan hitam itu apa,, saya tdak tau
    mohon berikan solusi bagai mn,, terima kasih

    wassalamualaikum wr.wb

    BalasHapus
  96. maaf mengganggu.
    Pak.saya ingin bertanya bagaimana cara mengobati/menghilangkan cairan/nanah du telinga...
    saya sudah 10 tahun lebih menderita penyakit ini. saya mohon agar diberi tips2 untuk mengobati nya. karena ini menyangkut kehidupan saya. trima kasih

    BalasHapus
  97. mav pak saya mau bertanya. telinga saya dahulu pernah keluar semacam nanah begitu. saya bawa ke dokter THT katanya luka dalemnya dan disedot cairan nanahnya dan diberi obat tetes. tidak lama kemudian sembuh. tapi tidak berapa lama ketika saya flu(batuk) biasanya kambuh. dan saya pakai obat tetes itu sembuh kembali. tapi sekarang yang ingin saya tanyakan, saya terkena begitu lagi. sudah 3 hari belum sembuh. nanahnya seperti ada darahnya. apa yg harus saya lakukan? apa bisa dengan menggunakan obat tetes yang dahulu? sekedar info.obat tetes yang saya gunakan OTOPAIN. Terimakasih. wassalam

    BalasHapus
  98. Ass . Pak , telinga saya susah untuk mendengar & kepala saya pun ikut sakit , karena kedua hal itu saya susah untuk Rukuk & Sujud saat sedang SHALAT . Seperti banyak air di telinga & di kepala saya, sehingga kepala saya begitu berat . Sudah di tetesi obat tetes telinga tetapi tetap begitu , sudah ke Dokter , tapi hasilnya pun tetap begitu .
    Bagaimana cara mengatasinya ya Pak ? Terimakasih .
    Wss.

    BalasHapus
  99. ass pa habib
    pa saya mau bertanya nih, saya ketika umur 12thn pernah kemasukan air kotor ktika berenang, stelah kemasukan air, saya tidak pernah berkonsultasi, tapi stelah pndengaran saya berkurang terjadi seperti bisul bernanah dbwah telinga, saya sdah 9thn menderita pnyakit pendengaran pa, smpai2 pndengaran saya cuma bisa mendngar suara 30% (yg kanan tidak mendengar sama sekali, trus yg kiri bisa mendengar sdikit)
    menurut saran bpak gimana ya, mohon konfrmasi pa.
    Trima kasih wassalamass pa habib
    pa saya mau bertanya nih, saya ketika umur 12thn pernah kemasukan air kotor ktika berenang, stelah kemasukan air, saya tidak pernah berkonsultasi, tapi stelah pndengaran saya berkurang terjadi seperti bisul bernanah dbwah telinga, saya sdah 9thn menderita pnyakit pendengaran pa, smpai2 pndengaran saya cuma bisa mendngar suara 30% (yg kanan tidak mendengar sama sekali, trus yg kiri bisa mendengar sdikit)
    menurut saran bpak gimana ya, mohon konfrmasi pa.
    Trima kasih wassalam

    BalasHapus
  100. ass pak saya bagus umur 27. saya pernah operasi telinga waktu tahun 2002 krna infeksi, pastinya gndang telinga saya bolong agak besar bagian kiri, saya sangat sedih sekali pendengaranya berkurang, pas saya lihat pake kamera usb saya sangat kaget gendang telinganya udah sangat rusak pinggir2nya sangat tipis bagian telinga kanan pula sudah bolong tapi gak dioperasi daya pendengarannya sama kurang. gimana solusi untuk saya agar kendang telinga dan pendengarannya kembali saya selalu berdoa dengan nasibku mudah2n pak tabib bisa sebagai perantara penyembuahn dari allah. saya mohon solusinya lebih detail. trima kasih

    BalasHapus
  101. pak .telinga kiri saya berdengung kdang jug tiba" sakit. Dibanding telinga kanan telinga kiri pendengarannya lemah . Dipegang agak skit. Rasanya kyak kmasukan air tp tidak atas jwbannya terimakasih^^

    BalasHapus
  102. Mas saya mau tanya.
    Telinga kanan saya mengalami gangguan.
    Seperti kotoran yang berwarna merah/kuning.
    Saya sudah membersihkan dengan cotton bud,tetapi kotoran seperti itu sering terjadi.dan skrng kuping kanan saya terasa sakit didalam?
    Itu kenapa ya?dan bagaimana mengobatinya.
    Mohon bantuannya mas..!

    BalasHapus
  103. ass,wr.wb
    pak,telinga saya berdengung sudah 3 minggu awalnya dimulai oleh pusing pada kepala belakang.saya sudah ke tht,dokter bilang tidak ada masalah dg telinga saya.saya cuma dikasih antibiotik.tapi sampai sekarang telinga saya masih bedenging.mohon sarannya.terimakasih

    BalasHapus
  104. Mengenai gendang telinga yg sudah robek/sobek, dilihat dulu brp % kerobekannya, apa bila kecil (karena perlukaan harus dilakukan dokter THT untuk mengeluarkan lendir di area telinga tengah & gendang telinga) paling2 2-3 hari sdh sembuh krn pd proses perlukaan tersebut dokter THT pasti memberikan yodium stlh proses perlukaan, kl kerusakkannya kurang dr 50% dan letaknya memungkinkan, gendang telinga bisa sembuh kembali dgn sendirinya dlm waktu 1-2 minggu. Untuk kerusakan diatas 50% harap sabar dgn tetap kontrol ke dokter THT karena proses pemulihannya memang agak lama bs antara 1-2 bulan.

    Apabila gendang telinga sdh bolong & terus2an mengeluarkan air atau cairan kuning dr telinga berarti ada penyumbatan pd tuba Eaustachia (antara saluran pernapasan & telinga) yang menyebabkan sulitnya oksigen masuk ke area itu (yg seharusnya kering jd basah krn tersumbat) harus diupayakan sumbatan itu diobati terlebih dahulu krn apa bila ada indikasi alergi atau flu berkepanjangan, itu bisa menjebak lendir di area telinga tengah yang akhirnya keluar melalui telinga krn tubanya terjadi penyempitan & menyebabkan sumbatan.

    Tapi insyaallah kl kita rajin kontrol ke dokter THT & melakukan pengobatan dgn rutin insyaallah sembuh.

    BalasHapus
  105. Pak, anak saya usia 3 tahun 10 bulan mengalami daun telinga keluar bintik nanah. kalau tidur sering kali dia menggaruk tanpa sadar sehingga keluar cairan bening. saya sudah beberapa kaloi ke dokter tht, dan anak saya selalu dikasih antibiotik dan salem (cinolon/garamycin). memang setiap diobati selalu luka itu mengering, tetapi anak saya mungkin merasa gatal lalu digaruk dan luka lagi. saya kuatir terus-terusan memakai obat kimia. kira-kita apa obat non kimianya ya pak? terimakasih.
    adzwar di tegal

    BalasHapus
  106. Assalammualaikum Wr. Wb
    Dear, All saya juga menglami hal yang sama yaitu penyakit telinga bernanah, sudah 20 tahun lebih mengalami penyakit telinga bernanah, rasa minder, tidak pecaya diri, dijauhi temen, diejek temen,bahkan hampir putus asa dan kecewa sudah pernah saya rasakan, akan tetapi saya yakin Allah Maha Melihat & lagi Maha mendengar disetiap usaha dan do'a para hambanya, dan akhirnya saya berusaha agar diberi petunjuknya dan akhirnya saya melakukan proses penyembuhan melalui propolis, dan Alhamdulillah keluhan yang saya rasakan berangsur membaik, semoga informasi saya bermanfaat, klo ingin share bisa hub kesini : 081219497255

    BalasHapus
  107. Assalamu'alaikum,
    pa tabib saya mau tanya apa benar kalo gendang telinga sudah bolong tidak boleh berenang?
    Bgmna caranya supaya saya bsa brenang,krna tyap kali brenang tlinga sya slalu kmasukan air dan sulit tuk dkeluarkan lg airnya..

    BalasHapus
  108. assalamualaikum.
    pak tabib, saya menderita sakit telinga, telinga berair tetapi tidak bau. saya juga sering menderita hidung tersumbat dan sakit tenggorokan seperti panas dalam. umur saya 18 tahun. bagaimana mengobatinya pak ? karna saya sudah kedokter dan belum sembuh.

    BalasHapus
  109. Assalamualaikum pak tabib saya mengalami gangguan pd gendang telinga dan d vonis dokter bhw d dlm gendang telinga saya ada cairan masuk yg akan menjadi lendir dan sgt mengganggu pendengaran saya bagaimana mengobatinya

    BalasHapus
  110. Assalamualaikum pak tabib saya mengalami gangguan pd gendang telinga dan d vonis dokter bhw d dlm gendang telinga saya ada cairan masuk yg akan menjadi lendir dan sgt mengganggu pendengaran saya bagaimana mengobatinya

    BalasHapus
  111. Assalamualaikum tabib saya mengalami gangguan pd gendang telinga saya dan d vonis dokter bhw d dlm gendang telinga saya kemasukan air dan akan menjadi lendir dan sgt mengganggu pendengaran saya bagaimana mengobatinya

    BalasHapus
  112. Assalamualaikun
    Tabib, telinga saya mengalami hal yang sedikit aneh. soal.a tadi adik saya berteriak tepat di telinga kiri saya, akibatnya jadi tidak jelas mendegarnya.. Itu kenapa ya ?

    BalasHapus
  113. Tabib,saya mo tanya,ank saya yang k 2,wktu hbs lhr kuping sebelah kiri d sekitar daun telinga n dkt jambang rambut sllu kluar cairan bening,saya jd tkt klo d olesin myk telon krn trllu sensitif,smpe anak saya sudah umur 10 bln msh suka kluar cairan bening,penyakit ap y tabib n ap obatnya?

    BalasHapus
  114. Moch Fadilah15 Mei 2013 00.16

    Assalamualaikun Wr Wb Mas Tabib,
    Saya mengalami gangguan telinga berair disertai dengan hilangnya keseimbangan dan sakit kepala. Kata dokter ada masalah pada gendang telinga yang membuat cairan didalam telinga menekan ke tengkorak kepala dan jalan pengobatannya melalui operasi, sedangkan saya menderita penyakit jantung dan diabetes yang harus makan obat pengencer darah. Mohon saran pengobatan yang aman bagi saya, terima kasih.
    Wassalamualaikum WR Wb

    BalasHapus
  115. Tabib, sy mau bertanya
    sy sudah mengalami telinga dalam sy berbunyi kretek2 ke22.nya slama 5 tahunan. Awalx wkt itu telinga sy bindeng , lalu sy obati ke dokter sudah membaik. Stelah itu ke2 telinga dlm sy berbunyi kretek2 dan kadang2 nyeri tetapi jarang. apa penyebabnya lalu bagaimana pengobatannya? Terima kasih

    BalasHapus
  116. itu minum Madunya berapa kali sehari mas, mohon bales

    BalasHapus
  117. Assalamualaikum pak, nama saya dayat, umur 20thn, saya punya kendala pada lubang telinga kiri seperti bengkak, nyeri kalau disentuh, kira2 sekitar 2 hari yang lalu. Sebelumnya saya terkadang membersihkan dengan cotton bud dan sepertinya terjadi iritasi, setelah itu barulah terasa bengkak dan sakit jika disentuh. Saya takut terjadi apa2, mohon jawabannya ya pak

    BalasHapus
  118. assalamu'alaikum pak,,,
    semenjak saya berumur 17 tahun kemaren
    pendengaran saya kurang, udah pernah ke rmh sakit, gak di periksa hany di obatin dan di beri nama obat,, obat nya mahal tpi setelah saya beli obat itu sama sekali tidak ada perubahan,,,
    bagaimana cara mengatasinya pak,,
    tlg beri saya solusi pak,,,

    BalasHapus
  119. assalamu'alaikum pak,,,
    semenjak saya berumur 17 tahun kemaren
    pendengaran saya kurang, udah pernah ke rmh sakit, gak di periksa hany di obatin dan di beri nama obat,, obat nya mahal tpi setelah saya beli obat itu sama sekali tidak ada perubahan,,,
    bagaimana cara mengatasinya pak,,
    tlg beri saya solusi pak,,,

    BalasHapus
  120. As tabib anak sy berusia 3 thn.7bln yg lalu dia skt telinga hingaga 7 bln br sembuh,skrg sudah sebuh tp kotoran telinganya keras jd susah mengeluar kan nya.bagaiana solusinya

    BalasHapus
  121. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  122. Assalmualaikum Tabib Saya Mau Nanya Nih Saya Sekarang Berumur 16 tahun 5 hari yang lalu saya dipukul dibagian telinga saya bagian kiri pas esok harinya kuping saya budek sedikit dan ke esokan harinya keluar cairan setetes setetes kalau saya berdiri atau tidur miring dan ke esokam harinya lagi kuping saya sakit
    mohon informasinya ya tabib

    BalasHapus
  123. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

    BalasHapus
  124. asalamu'alaikum wr.wb
    saya nur sinta, saya umur 17 tahun, saya mempunyai penyakit telinga bernanah sudah sampe sekarang blum sembuh, sudah coba berobat masih saja belum sembuh,apakah ada obat yng paling ampuh untuk menyembuhkan penyakit saya,
    tolong saya mau konsultasi,

    BalasHapus
  125. Assalamualaikum wr.wb tabib.Saya Hamba Allah, sekarang berumur 21 thn. Sudah 3 buln telinga kiri saya mengalami sakit, awalnya kemasukan semut karena sakit q korek korek pakai cutton buds smpai tmen bilang suruh di masukan air. Q msukan air hbis itu q korek lg. 2 hr kmudian telinga sakit bgt dan rasa perih di dalam telinga, sring mngeluarkan cairan. Kmarin kmarin gak bau skarang sudah agak bau. Kemarin telinga saya bengkak lagi dan lebih sakit dari sebelumnya. Sudah beberapa kali prgi kdokter ktanya infeksi. Sudh di kasih obat antibiotik, pnahan sakit dan obat tetes. Sudh juga dlakukan pnyemprotan dtelinga utk mngeluarkan ktoran. Memang terasa lega tp cumn 3 hr sja stelah it telinga sakit lagi dan mngeluarakan drah. Lihat di internet katanya suruh pkai bwang putih di rebus dan masukan airnya tp hasilnya nihil. Stiap bngun tdur psti ada cairan keluar. Kerja pun jadi terganggu karena terasa ada cairan yang keluar. Klau kerja ku sumpel pkai tisu yang halus. 2 hari trasa nyaman stelah itu mlahan bengkak, gtal di telinga dan terasa perih. Mhon bantuanya tabib apa yang harus q lakukan. Klau sholat q sujudnya agak lama tabib, apa lagi di sujud yang terakhir lbih lama karena sudah kebiasaan n doa di sujud terakhir insya allah allah akan mengabulkanya dr bku yang q baca. Makasih...semoga Allah membalas jasa tabib.

    BalasHapus
  126. kalo keluar air bening...trus rasanya sakit didalam telinga kadang juga ada warna merah saat keluar cairan tersebut..cara mengobatinya gmana ya...(yg alami dan busa dilakukan sendiri tanpa harus kedokter)...
    .mksih sebelumnya....

    BalasHapus
  127. asalamualaikm..pak saya mau tanya..telnga saya yg sebelah kiri tidak bisa mendengar..gimana ya cara saya bisa sembuhh...soalnya ku terasa minder niie

    BalasHapus
  128. anak saya sdh lama telinga nya keluar nanah apakah bisa dsembuhkan

    BalasHapus
  129. assalamualaikum pak, ibu saya umurnya 43 tahun punya keluhan telinganya kata dokter THT telinganya bolong sebesar jarum udah tiga kali berobat tapi belum ada perkembangan yang baik.. dan sekarang terasa gatal, berasa penuh tapi tidak keluar cairan dan terkadang kalo telinga nya ketekan suka terasa sakit .. apakah bisa disembuhkan dan gimna cara mengobatinya

    BalasHapus
  130. Assalamu'alaikum

    Pak, kalau tuli plus telinga bernanah ada solusi yang terbaik tidak, karena katanya ketika masih kecil telinganya normal. dia berumur 30 tahun. apakah ada solusi penyembuhan atau tidak, jika ada mohon jawabanyya pak.
    jaza kumullah ahsanal jaza' jazakumullah khoiran katsira.

    BalasHapus
  131. assalamu'alaikum
    pak maf saya mau bertanya.
    sayan sakit telingga kurang lebih 2tahun
    awal sakit itu kek korengan di ringga telingga dak keluar cairan putih dan terasa gatal
    kurang leih 3 blan kemudian saya bawa ke spesialis tht dibersihkan dan diberi obat,
    telingga saya sembuh, 1 minggu keudian telingga saya terasa gatal trus goreng lg ke rs lg tp ttp balik lg. setelah hampir 1 tahun, telingga saya kek penuh dan banyak cairan mengendap berwarna putih kekuningan gt di dlm dan berdenggung trus sll ku bawa ke RS tapi hasil ttp sama sll mengulang lg. sekarang saya membersihkan telingga saya dengan ujung bulu ayam.
    permasalahannya sekarng telingga saya masih suka ada cairan putih agak kental gatal dan berdenggung
    pak gimana ini solusinya agak telingga saya ini sembuh
    tidak sakit lg, karna saya sudah tidak tahan udh 2 tahun ini saya sakit pak, tolong pak solusinya?
    Trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  132. Ass.ww. Pak saya mo minta tolong nich. Kenapa akhir - akhir ini pendengaran saya jadi kurang jelas. Telinga saya ngga sakit, dan ga banyak isinya karena rajin dibersihin dan kayaknya ga ada apa - apa . Tapi kenapa jadi kurang dengar ya pak ? trims atas pertolongannya

    BalasHapus
  133. Asalamualaikum tabib maaf sya mau nanya waktu itu kekasih sya sedag tdrn tiba" telinga knanya keluar drah sgar yag ckup bnyak. Setelh tu bru trsa sakit dan kurag peka pendengaranya.sampai karag sat sendwa dan btuk trsa sakit di bgian tlinga. Tlog jwb yh cs nh bkin sya g tnag.

    BalasHapus
  134. ass pak tabib kan telinga saya kemasukan serangga,nah sempat budek,lalu sembuh sendiri,tapi kenapa kambuh lagi sembuh lagi dan sekarang kambuh dan gak sembuh2 sekarang pendengaran saya berkurang bunyi suara "nging" dan ada suara kayak jantung berdetak sekarang saya sangat terganggu dengan apa yg saya alami ini obatnya apa ya?saya sudah ke piskesmas dan di kasih obat tablet dan tetes telinga setelah saya minum obat tablet telinga saya tidak nyeri lagi tetapi maaih budek lalu saya teteskan obat tetes telinga tetapai malah tambah budek tapi gk nyeri obatnya apa ya?

    BalasHapus
  135. pak tabib tolong jwb secepatnya ya tolong saya pak umur saya 13 tahun

    BalasHapus
  136. Informasi yang bagus sekali dan bermanfaat. jangan lupa untuk berkunjung di blog saya obatradangtelinga01.blogspot.com

    BalasHapus
  137. @ herlina pratiwi : kalau sakit telinga berdengung akan mengalami apa ?

    BalasHapus
  138. Pak ank sya bbrpa hri ini telinga ya mengluar cairn brwrna mrah dan hijau....pada hal udh d bawa k dokter ttpi blm smbuh juga....gmna solusiy pak.....?mohon d jawab

    BalasHapus
  139. Assalamu alaium Wr Wb.
    Mas/mba Tabib Muda yth, saya punya keluhan telinga sering mendeging/mendengung sudah bolak balik ke DR THT dan DR Syaraf (krn ada indikasi syaraf ujung/syaraf halus telinga terganggu). Dengingan ini kl tdk salah istilah medisnya sering disebut Tinitus, namun akhir2 ini bukan cuman dengingan yg saya rasakan tp juga dengungan seakan akan dlm rongga telinga ada selubung udara dan terasa berat dan kdng2 kl kambuh terasa pusing. Setelah melakukan test pendengaran/Audiogram kesimpulan kunjungan terakhir ke dr THT yg masalah adalah telinga bgn dalam atau tepatnya antara rumah siput dgn saraf2 ke arah otak. Dr DR sdh dikasih obat penguat Syaraf (neurotam), pelancar darah Tebokan dan anti denging dan vertigo (Merislon) namun obat sdh 2 x tebus tp blum ada perubahan yg siknifikan. Mohon tanggapan dan sarannya adakah pengobatan khusus untuk penyakit ini atau cukup dgn saran2 diatas???
    Wassalamu alaikum wr.wb

    BalasHapus