Minggu, 17 Januari 2010

Islam dan kesehatan dalam makan.

Islam dan kesehatan dalam makan.
Blog bertopik islam dan kesehatan ini akan membahas tetang makan dalam islam yang berdasar riwayat Nabi.
1. Nabi tidak suka makanan yang diawetkan atau makanan yang dimasak lagi. Pada zaman sekarang kita sudah terbiasa makan makanan yang diawetkan, dikalengkan atau makanan kemasan. Misal sarden yang berbulan-bulan dalam kaleng kita makan. Kita cuek akan behaya bahan pengawet yang ditambahkan ke dalam kaleng sarden itu.
2. Nabi tidak pernah makan dengan lauk lebih dari 2 macam.
Kita lihat sekarang dalam jamuan prasmanan yang menyediakan banyak jenis lauk, para tamu banyak yang nafsu matanya lebih besar dari kekuatan perutnya. Mereka tidak malu menggambil sampai 4 jenis lauk sekaligus, ayam, ikan, telur, sate...di embat sekaligus. Dan akhirnya banyak yang masuk sampah.

3. Nabi makan pakai tangan dan menjilati tangan sehabis makan.
Setelah hasil diskusi ternyata ada keajaiban tersendiri. Ternyata jari-jari tangan kita itu mengeluarkan keringat yang kasat mata, keringat jari tangan ini akan membantu cepatnya makanan menjadi hancur saat dicerna. Penelitian sederhana, ambil 2 wadah air, yang satu obok-obok dengan tangan, dan yang satu jangan kenakan tangan. Kemudian masukkan sayuran segar/ dedaunan ke dalam ke masing-masing wadah. Akan terlihat sayuran/daun yang ada di air yang kena tangan tadi akan rusak. Dan terlihat pula dalam dunia pegemasan makanan, maka para perkerja akan diwajibkan memakai sarung tangan.

4. Nabi melarang meniup makanan yang masih panas.
Pertama mendengar hadits ini saya kaget, kok gitu.....? kemudian saya ajak diskusi Teman Kost dari UB yang suka bidang kimia, ternyata disaat kita meniup makanan panas itu Karbon Dioksida keluar dari mulut kita dan menimpa makana yang bercampur uap air, trus katanya ada unsur "XXX" yang terbetuk (saya lupa nama kimianya) yang tidak dapat di cerna dalam tubuh. Ini yang menempel pada nasi. Maka pikiran saya melayang, berapa banyak balita yang suka di suapin pakai nasi yang ditiup-tiup. Dan ini juga pelajaran bagi kita untuk "sabar" menunggu makanan agar dingin sendiri.

5. Nabi mengambil makanan yang jatuh dan memakanya lagi.
Dalam sebuah pertemuan di istana Kerajaan ROMAWI yang telah kalah, para sahabat Nabi diundang untuk makan. Suatu ketika ada sedikit nasi sahabat yang jatuh, lalu sahabat mengambil dan memakanya. Lalu selesai pertemuan sahabat lain bertanya " Apa kau tidak malu mengabil sebutir nasi di depan para pembesar kerajaan Romawi". Sahabat berkata " Perintah Nabi lebih aku sukai daripada perhatian perbesar Kaum Rum".

6. Nabi bersabda " Seburuk-buruk bagian binatang untuk dimakan adalah bagian kepala dan perut". Maka tampaklah sekarang bahwa "jeroan" adalah makanan paling berbahaya untuk penderita "asam urat". Ada lagi sekarang "Bakso kepala Sapi". Saya terus terang merinding. Takut kandungan dua bagian binatang itu bagi kesehatan.
7. Nabi melarang makan sambil bersandar.
Karena itu adalah perbuatan orang bebal dan perbesar kerajaan-kerajaan romawi.

8. Perintah berjalan/melangkah sesudah makan
"Jangan tidur diatas makananmu" (hadits). Jadi sehabis makan hendaklah melangkahkan kaki minimal 40x. Perintah ini dulunya membuat saya bingung kok bisa ya...? ternyata setelah kita melangkah 40x sehabis makan, kita akan bersendawa (glegek dalam bahasa jawa). Sendawa ini mengeluarkan udara yang ikut masuk lambung bersamaan dengan proses kita menelan makanan. Dengan keluarnya udara di perut ini mengabibatkan tubuh terasa enak, tidak ada ganjalan udara lagi diperut.

9. Mencuci tangan sebelum memegang makanan sehabis tidur.
"Barang siapa mengambil makanan sedang dia belum mencici tangannya, padahal semalam dia tidak tau kemana tanganya, maka jangan salahkan kecuali dirinya sendiri jika dia tertimpa penyakit (hadits). Ya ternyata kita tidak tau kemana saja tangan kita sewaktu tidur, bisa ke lubang hidung (ngupil), bisa juga kena liur atau bahkan ke tempat lain atau juga waktu seseorang mimpi basah, maka biasanya tangan ini tidak sadar bergerilnya ke tembat kebanjiran tersebut.

Aspek "Islam dan kesehatan" dalam bidang lain Insya'allah menyusul.

19 komentar:

  1. alhamdulillah dapat pencerahan lagi nih, memang seharusnya apa yang dilakukan oleh Baginda Rasulullah SAW patut kita contoh n teladani, hanya saja karena keterbatasan ilmu pengetahuan yang ada jadi banyak yang tidak tahu masalah sekecil apapun.

    Mohon izin apakah boleh saya review kembali untuk saya postingkan di blog saya, karena ini sangat menarik n perlu disebarluaskan.... zhajakumulloh hoyron khatshiron...

    BalasHapus
  2. informative banget...
    saya orang medis tapi males mo bikin postingan kesehatan..
    yang ada unsur religi pula...
    thumbs up, Mas..

    BalasHapus
  3. mencari penceraha... habis dari tempatnya mas harto,, mampir dah ke sini... salam kenal........

    BalasHapus
  4. mantab banget mas pencerahannya... thanks ya...

    BalasHapus
  5. post yang baik sekali
    mantab
    terimakasih untuk saling berbagi
    salam hagat dari blue

    BalasHapus
  6. Wah, blog sampeyan sangat indah sekali dan ide postingannya patut diacungi jempol.
    Aku akhirnya tau alasan dilarang "bernafas dalam bejana".Matur suwun, dulur !

    BalasHapus
  7. Waduuuh kalo nggak makan makanan yang diawetkan, industri manakanan gimana tuh? Trus gimana? Tidak suka tidak berarti dalam keadaan terpaksa tidak makan juga dunk

    BalasHapus
  8. @anonim, kalau anda ke pasar ikan, maka anda akan melihat lalat tidak mau hinggap atau mendekat "ikan yang diformalin". Lalat hanya hinggap pada ikan alami. Kalau lalat saja takut sama formalin, kenapa kita yang punya pikiran malah suka makanan kemasan/makanan kaleng/makanan berpengawet?. Lalu gimana "industri makanan ?" Sebenarnya konsep industri makanan kemasan adalah konsep yang mengorbankan kejahatan. Kita harus berkaca pada negara barat sekarang, mereka beralih ke makanan organik, bebas pestisida, bebas semprot kimia. Industri makanan banyak bersifat monopoli saja. Negara kita kaya, buktinya di Papua ada ladang emas, yang setiap bulan berkwintal-kwintal emas kita gali, tetapi harus di kirim ke amerika, kalau tidak kita gak dikasih Hutang sama meraka..! emas di papua di kontrak amerika 50 thn. Selama itu kita harus setor mereka tiap tahun, kita hanya dapat sisa untuk sesuap makan dan beli "koteka".

    BalasHapus
  9. Artikelnya bagus mas, sukses selalu untuk setiap tulisannya bermanfaat sekali, Jangan lupa komen balik di sini ya http://www.surewi-seragam.com/2010/03/seragam-kantor.html

    BalasHapus
  10. lam kenal mas.
    yap emang qt harus mencontoh Rasulullah termasuk dalam hal makan.

    BalasHapus
  11. Info yang sangat menarik...Rasulullah benar-benar mengajarkan kita untuk hidup sehat...Subhanallah..
    salam kenal...

    BalasHapus
  12. artikel yang bagus.. saya senang membacanya . bisa dijadikan bahan referensi.. terima kasih..

    BalasHapus
  13. Nice posting gan.
    Untuk buku2 Islami terbaru, bisa kunjung balik ke tempat saya, gan.
    honbookstore.com
    Jangan lupa tinggalkan jejak alias komen :)

    Salam kenal

    BalasHapus
  14. Artikelnya bagus, ijin share ya :)

    BalasHapus