Kamis, 03 September 2009

Bekam

Bekam- Oleh : Tabib Muda.

Bekam adalah satu pengobatan alami yang banyak menyita perhatian saya. Ya karena bekam ini sangat unik. Bagaimana mungkin mengobati seseorang kok dengan melukai dan mengeluarkan darah dari pasienya, apa ini bukan malah menyakitinya. Maka untuk memberi sifat keberanian saya membandingkan dengan zaman Nabi, di mana zaman itu sering terjadi pertumpahan darah melawan kerasnya kaum jahilah atau kaum yang bodoh. Para sahabat rela menumpahkan darahnya untuk membela kebenaran. Maka pantaskah kita takut di bekam, yang tidak sakit dan itupun dengan alasan kesehatan.
Nabi bersabda" pengobatan itu ada 3 macam, minum madu, sayatan bekam dan sundutan dengan api. Tapi aku melarang umatku melakukan sundutan".
Praktek bekam ini lebih dulu umum di daerah timur tengah, sampai-sampai dunia kedokteran merasa tersaingi dengan adanya pengobatan bekam yang murah dan ajib ini. Bekam di indonesia baru menyebar sekitar 5 tahunan yang lalu. Karena kesederhanaan bekam ini maka seorang suami dapat belajar teknik bekam singkat untuk membekam istri dan keluarganya.
Penjelasan bekam antara lain :
  • Darah yang keluar adalah cuma darah kotor, sel darah putih tidak keluar. Jadi bekam berbeda dengan donor darah yang semua darah keluar, baik yang baik atau yang buruk.
  • Bekam dapat meningkatkan daya ingat, maka ada sebagian pondok hapalan Al Qur'an yang melakukan kegiatan bekam rutin pada santrinya, bahkan ada yang bilang setiap bulan
  • Reaksi bekam lebih cepat dan berkhasiat jangka panjang, berbeda dengan obat kimia yang efeknya hanya sementara.
  • Darah adalah sumber kehidupan, maka jika darah kita kotor, perumpamanya adalah seperti akuarium kotor, apa yang hidup didalamnya kurang sehat.
Saya sendiri mencoba rutin bekam, misal sekali dalam 6 bulan, atau waktu ada keluhan yang tidak enak pada badan. Sekian dulu penjelasanya, akan saya posting yang lain lagi....!

27 komentar:

  1. Bagi yang ingin bertanya atau berbagi pengalaman pribadi tentang "bekam atau hijamah" bisa tulis komentarnya disini, silahkan....!

    BalasHapus
  2. saya juga pernah sekali ma paman aq tuh

    BalasHapus
  3. @Ocim. Bekam itu ibarat pencucucian darah, alias pembuangan darah kotor. Jadi hal ini bisa rutin dilakukan. Karena tidak ada efek samping. Jadi silahkan di usahakan rutin agar darah yang ada dalam tubuh kita tinggal yang bersih saja....!

    BalasHapus
  4. saya jug pernah di bekam...enak dan bikin badan sehat...blogwalking..salam kenal..:)

    BalasHapus
  5. @rumah blogger, bekam bisa dilakukan secara rutin, jadi bukan sekali atau 2 kali. Karena selama bekam darah yang keluar adalah sel darah kotor. Untuk sel darah baik (putih) tidak keluar. Inilah bedanya dengan donor darah, yang mana darah baiknya ikut keluar..! silahkan yang lain.......

    BalasHapus
  6. Mia udah lama denger cara pengobatan di bekam ini. Cuma... pas liat gambar di atas.... jadi takut sendiri huhuhuhuhu syereeeem... kumpulin keberanian dulu T_T

    BalasHapus
  7. @mia, bekam pada gadis?. Saya pernah lihat siaran di Tans TV muda-mudi yamg mengikuti bekam untuk menghilangkan jerawat. Jadi bagian yang dibekam itu pada muka, dahi dan pipi. Jadi bekam juga bisa digunakan sarana pengobatan jerawat, karena jerawat ini akibat darah kotor. OK silahkan dikumpulkan keberanianya....saya tunggu kabar berikutnya...! silahkan...

    BalasHapus
  8. Waahhh... enak tuh di Bekam, saya paling suka nih di bekaam. Kalo habis di bekam terasa badan enteng n sehat. Kalo keseringan di bekam ada efeknya ga n paling afdol di bekam jarak waktunya berapa kali yaa...

    BalasHapus
  9. @Harto, bekam ini ada yang berpendapat 40 hari adalah waktu selang terpendek, tetapi ada beberapa pondok hapalan Al Qur'an yang menyarankan santrinya bekam setiap bulan sekali, agar otak encer atau untuk meningkatkan hapalan. Tergantung masing-masing...! atau juga 6 bulan sekali juga tidak apa-apa....!

    BalasHapus
  10. makasih mas infonya, menarik sekaliii

    BalasHapus
  11. wah.. kiraian pemaian bola kaki dunia
    David Beckham..
    hihihi

    BalasHapus
  12. wah keliatanya ngeri amat ya

    aku belum pernah tuh begitu

    BalasHapus
  13. salam kenal juga...moga sukses..

    BalasHapus
  14. Seraaammmm .... Praktek'a ....

    Ngeriii Ahhh Kang ... Badang'a Di gituin

    BalasHapus
  15. kayaknya sakit ya kang????????????????

    BalasHapus
  16. pada zaman Nabi bekam merupakan kebiasaan para sahabat nabi, ,,
    Botanix

    BalasHapus
  17. Itu yang merah2 darah kotornya yah??

    BalasHapus
  18. iya tuh kayaknya.. pengen nyobaiin nih dimana ya

    BalasHapus
  19. kalo untuk asam urat, apa boleh di bekam ? ada efek samping nya gak ?
    makasih ya dah mampir ke blog saya :)

    BalasHapus
  20. ya mas. tu sengaja memang tak hapus. Ngurangi beban link, kan blognya diikutkan kontes. mesti susah jadi juara. itung-itung uji coba. he he

    BalasHapus
  21. @Niko, keajaiban bekam adalah darah yang keluar adalah sel darah merah yang kotor. Hal ini sangat terlihat ketika orang yang dibekam adalah bekas orang nakal, misal pecandu miras, rokok, narkoba, maka darah yang keluar warnanya lebih hitam dan kental
    @Yantuar, cari di dekat kota Anda sendiri.
    @Hesti, untuk asam urat juga bagus. Bekam saja di dekat lokasi asam urat yang sakit, misal pinggang dan kaki.
    @Mojokerto, terima kasih jawabanya Cak.

    BalasHapus
  22. Mas bisa minta ilmu bekamnya, titik2 mana saja yg perlu di bekam, trs klo tidak mempunyai alat bekam bagaimana?
    Utk menghilangkan luka bekas bekam bagaimana?

    BalasHapus
  23. @Anonim, Untuk referensi titik bekam Anda bisa membaca di buku2, sekarang banyak bermunculan buku tentang "pengobatan Nabi". Titik terbaik menurut saya adalah di kepala (untuk yg sering pusing).Kalau tidak punya alat bekam Anda bisa beli. Zaman Nabi dulu sahabat menghisap darah Nabi waktu dibekam dengan mulut. Kemudian berkembang dengan tanduk binatang, dan sekarang dengan Bantuan Kop dari China. Untuk "luka bekas bekam" hanya beberapa menit darah sudah mampat, seperti kita waktu tergores pisau, maka luka bekam juga begitu, bahkan lebih cepat kering lagi. Seperti Bekam di kepala, maka setelah bekam kita bisa langsung keramas kok,,,!

    BalasHapus
  24. PERMISI SAYA LINK YA KE BLOG HTTP://MROFMASTER.BLOGSPOT.COM/

    BalasHapus
  25. Bekam yang terlalu sering berakibat rusaknya otot punggung yang menyebabkan orang jadi bongkok pada masa tuanya karena jarum bekam yang sering ditusukkan di punggung kita, lebih baik dilakukan 2 atau 3 tahun sekali saja.

    BalasHapus
  26. bekam langsung terasa khasiatnya......alhamdulillah sudah dua tahun lebih rutin bekam tiap bulan. aku pengen bekam di kepala gmana ya biar gak dibotakin dulu kepalanya, ada yang tahu caranya?

    BalasHapus
  27. bekam tiap minggu sekali bgus gk?
    setiap setelah melakukan bekam knp badan gk enak dan detak jantung berdetak kencang..terasa gelisah..apakah itru normal?

    BalasHapus